OPTIMIS

Blog Archive

5 Inspirasi Teknologi Hijau Ramah Lingkungan


Kita Tahu Manusia merupakan makhluk yang paling serakah. Sering kali dalam bertindak untuk memenuhi kebutuhannya tak memikirkan akibat yang akan timbul di masa mendatang. Baik itu kegiatan Produksi maupun Konsumsi pasti akan menghasilkan akibat. Terlebih sifat manusia yang maunya cuman serba instan. padahal sebenarnya yang instan-instan inilah yang dapat menimbulkan dampak buruk bagi kita. memanfaatkan sumberdaya yang tidak dapat diperbarui. Untuk menanggulangi masalah ini, beberapa ahli dari berbagai negara telah menciptakan sebuah inovasi baru berupa teknologi hijau alias ramah lingkungan. Berikut beberapa inovasi ramah lingkungan dari beberapa negara di dunia.

Air Tree, Spanyol

Bangunan di Madrid ini dibuat dari barang-barang daur ulang, dan menyediakan ventilasi alami dan perlindungan dari panasnya musim panas. Tenaga surya dikumpulkan dari panel photovoltaic di kanopi yang digunakan untuk menyirami tanaman dan segala hal yang berhubungan dengan pemeliharaan tanaman.

Gedung Pemerintah, Berlin

Gedung ini bukanlah pusat perbelanjaan atau gedung pusat perbisnisan. Ini adalah gedung parlemen, tempat para wakil rakyat Jerman bekerja untuk kemajuan negeri mereka. The Reichstag, atau gedung parlemen Jerman ini menggunakan kaca dan cermin untuk memantulkan cahaya matahari sejauh mungkin, sehingga mereka tidak perlu bergantung lagi pada penerang buatan. Selain itu, gedung ini juga mampu mengumpulkan air hujan. Kini, gedung ini tidak hanya menjadi tempat bekerja para wakil rakyat di Jerman, tapi juga tempat yang sering didatangi oleh turis, dan tempat pengumpul energi.

The Science Barge, New York


Jika tanaman sudah tidak bisa ditanam di atas tanah lagi, maka tidak ada salahnya untuk menanamnya di atas air. Seperti yang dilakukan The Science Barge, yang menjadi tempat edukasi lingkungan sekaligus rumah
kaca, yang terapung di atas Sungai Hudson, New York. Gedung ini digerakkan oleh tenaga surya, angin, dan bahan bakar bio. Tanaman di sini dikembangkan secara hidroponik, sehingga tanaman mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkannya dari air bukannya dari tanah, karena selain sulit didapat, tanah yang ada pun sudah tidak sehat lagi.

Rumah susun, Denmark

Perumahan ini hanya membutuhkan sekitar 10 menit dengan kereta dari Copenhagen, terdapat sekitar 500 apartemen dan distrik komersial, sehingga para penduduk tidak membutuhkan kendaraan bermotor untuk pergi berbelanja ataupun bersantai di kafe. Bangunan yang diresmikan di tahun 2010 ini dibuat untuk menangkap sebanyak mungkin sinar matahari. Ditambah dengan taman yang ada di datap, bangunan ini mampu membelokkan cahaya matahari yang menggangu, sehingga permukaan tetap sejuk.

Hutan Kota, Singapura

Akhir Juni 2012 lalu Singapura membuka Gardens by the Bay, sebuah kompleks vegetasi seluas 1 juta meter persegi yang bertujuan untuk membatasi pemanasan di pulau itu. Selain berisikan hampir 220.000 spesies tanaman, mereka juga membuat pohon-pohon raksasa dengan tinggi 25 hingga 50 meter. 18 pohon raksasa ini berfungsi sebagai penghasil tenaga surya, bertindak sebagai saluran udara untuk bangunan di sekitarnya, dan mengumpulkan air hujan. 

Itulah 5 Teknologi Hijau atau ramah lingkungan yang berasal dari berbagai negara. Semoga dapat menjadi sumber inspirasi bagi generasi muda Indonesia. Semoga Bermanfaat.

Disqus Comments